Friday 24 April 2015

Band Metal yang Menginspirasi


Kalau mau membahas genre band metal pasti tidak akan pernah ada habisnya. Metal memang mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan saat ini sudah banyak dan bebas mengadakan event - event musik metal di pelosok desa sekalipun. Kali ini saya akan membahas band - band metal yang telah banyak menginspirasi band metal saat ini, mungkin salah satunya atau semuanya juga menginspirasi kalian guys...



1. METALLICA





Metallica didirikan pertama kali di Los Angeles - Amerika Serikat dengan nama The Young of Metal Attack. Beberapa bulan kemudian grup ini berganti nama dengan Metallica yang konon merupakan gabungan kata Metal dan Vodca. Nama Metallica sendiri sebenarnya adalah nama yang diusulkan untuk sebuah majalah musik yang dicuri oleh Lars Ulrich sebelum majalah tersebut mendapat nama tersebut.Pada tahun 1984, Metallica semakin besar dengan menerbitkan album Ride the Lightning. Album ini bertahan 50 minggu dalam Billboard Top 200. Demi memperlancar promosi mereka juga mengeluarkan mini album Jump In The Fire.

September 1985, Metallica memproduksi album Master Of Puppets. Kembali Metallica masuk Billboard Top 40 selama 72 minggu. Album ini merupakan album yang meraih platinum tanpa single dan video.

Formasi pertama Metallica adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar) dan Ron Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang kemudian masuk album kompilasi rock Metal Massacre tahun 1981.Pada 1983, Metallica berencana akan melakukan tur pendek kebeberapa kota. Sayang Hetfield dan Mustaine malah terlibat perseteruan, hingga akhirnya Mustaine keluar dan kemudian mendirikan Megadeth. Posisi Mustaine digantikan oleh Kirk Hammett , gitaris dari grup Exodus.


Personil Metallica sekarang 

  • Lars Ulrich (drums)
  • James Hetfield (vokal dan gitar)
  • Kirk Hammett (gitar)
  • Robert Trujillo (bass)

Silahkan dinikmati lagu kerennya :


2. NAPALM DEATH


Napalm Death adalah sebuah band grindcore/death metal yang paling bertahan lama, mereka berasal dari Birmingham, Inggris. Mulanya band dibentuk di desa Meriden dekat Birmingham, Inggris pada tahun 1981 oleh Nicholas Bullen dan Miles Ratledge, dengan nama band awal Civil Defence. 

Meskipun banyak grup band yang lebih dahulu memainkan musik cepat dan agresif, namun Napalm Death selalu di sebut-sebut sebagai definisi struktur musik genre grindcore melalui campuran post-punk, hardcore punk dan metal, bermain secara agresif, tempo yang cepat dan vokal yang dalam dan parau. Grup ini menggunakan istilah "Grind" untuk menjabarkan musik yang mereka mainkan dengan referensi ke band post-punk Swans dari Amerika.

Sekarang tidak ada lagi anggota asli dari Napalm Death yang tersisa. Awal sejarah dari band ini adalah satu dari perputaran anggota tetap: grup tidak lagi memilki anggota asli pada saat mereka melakukan rekaman kedua debut album Scum pada tahun 1987.

Napalm Death dimasukan ke dalam kategori sebagai band death metal terlaris ketujuh di Amerika oleh Nielsen Soundscan.


Personil Napalm Death sekarang
  • Mark “Barney” Greenway – Vokal (1989–1996, 1997–sekarang)
  • Shane Embury – Bas (1987–sekarang)
  • Mitch Harris – Gitar / Vokal Tambahan (1990–sekarang)
  • Danny Herrera – Drum (1991–sekarang)
Salah satu lagunya silahkan dinikmati :


3. SLAYER



Dibentuk di California oleh sang gitaris Kerry King dan Jeff Hanneman tahun 1981. Mereka berdua kemudian mencari vocalist, bassist, dan drummer yang kemudian diisi oleh Tom Araya (vocal/bass), Dave Lombardo (drum). Mulailah mereka tampil di club dan cafe di seputar California Selatan.

Saat mereka bermain di di Woodstock Club membawakan Phantom of the Opera milik Iron Maiden, Brian Slagel yang bekas wartawan musik menawari mereka untuk merekam satu lagu untuk dimasukkan dalam kompilasi yang sedang digarapnya. Brian kebetulan baru saja mendirikan Metal Blade Records. Lagu pertama itulah yang kemudian membawa Slayer ke kontrak rekaman dengan Metal Blade Records untuk 1 album penuh.

Slayer termasuk dalam jajaran 4 besar band trash metal diantara Megadeth, Anthrax, dan Metallica. Grup ini banyak mendapat pujian dari media karena dianggap menjadi tonggak bangkitnya death metal. Permainan mereka bertumpu pada kecepatan dan agresifitas yang didukung dengan penguasaan teknik bermain yang tinggi.

Lagu-lagu Slayer banyak menuai kontoversi karena mengusung topik-topik miring semacam penyembahan setan, pembantaian oleh nazi, dan anti religi walaupun mereka menyatakan bahwa topik itu mereka ambil bukan karena mereka benar-benar mempercayainya namun karena topik-topik itu menarik buat mereka.

Sejak dirilisnya album pertama mereka SHOW NO MERCY tahun 1983, sekurangnya 9 album sudah mereka produksi.


Personil Slayer sekarang
  • Tom Araya - Bass, vocals
  • Kerry King - Guitars
  • Gary Holt – guitar
  • Paul Bostaph – drums 
 Selamat menikmati lagunya guys :


4. CELTIC FROST




Celtic Frost adalah sebuah band extreme metal asal Zürich, Swiss. Mereka dikenal untuk pengaruh berat mereka pada extreme metal dan genre gothic metal. Kelompok pertama kali aktif 1984-1993, dan kembali terbentuk pada tahun 2001.

Personil Celtic Frost
  • Thomas Gabriel Fischer – vocals, lead guitars, programming (1984–1993, 2001–2008)
  • Martin Eric Ain – bass guitar, vocals (1984–1985, 1985-1988, 1990–1993, 2001–2008)
  • Franco Sesa – drums, percussion (2002–2008)
 Silahkan dinikmati lagunya guys...



5. IRON MAIDEN
Iron Maiden adalah salah satu band yang sukses dan sangat berpengaruh di genre heavy metal.Band yang berasal dari Leyton, London Timur, Inggris ini dibentuk sekitar 1975 oleh pemain bass Steve Harris yang sebelumnya bergabung dengan Gypsy’s Kiss dan Smiler.
Steve Harris mendapatkan nama Iron Maiden dari melihat film lama judul The Man in the Iron Mask. Itu adalah sebuah peti mati besi, yang di dalamnya terdapat korban yang mati karena ditusuk dari lubang peti, seperti dalam atraksi sulap. 


Lebih dari 60 juta copy album telah terdistribusi ke seluruh dunia. Tiga belas album studio dan empat album kompilasi (berisi hits the very best), delapan album live, dan empat album dalam bentuk box-set (yang dijual secara terbatas) telah lahir dari tangan-tangan kreatif mereka. 


Dalam kancah belantika musik metal dunia, Iron Maiden telah memberikan inspirasi bagi sub-genre dari musik heavy metal. Musik mereka mempengaruhi aliran power metal, speed metal dan semua aliran musik metal yang memadukan harmonisasi dari dua gitar. Tak sedikit band pengusung heavy metal, di penjuru dunia, yang mencantumkan nama Iron Maiden dalam list referensi mereka.

Personil Iron Maiden sekarang :
  • Bruce Dickinson - vokal (1981-1993, 1999-sekarang)
  • Dave Murray - gitar (1976-sekarang)
  • Adrian Smith - gitar (1980-1990, 1999-sekarang)
  • Janick Gers - gitar (1990-sekarang)
  • Steve Harris - bas (1975-sekarang)
  • Nicko McBrain - drums (1983-sekarang)
  Selamat menikmati lagunya :

6. BLACK SABBATH


Black Sabbath adalah kelompok musik dari Inggris yang dianggap sebagai salah satu pendiri aliran musik heavy metal. Didirikan oleh Ozzy Osbourne (vokal), Tony Iommi (gitar), Geezer Butler (bass) dan Bill Ward (drum), mereka telah mengalami sekian banyaknya pergantian personel sehingga pada satu saat hanya Iommi yang tersisa dari formasi awal. Black Sabbath juga telah beberapa kali mengadakan reuni dengan mantan-mantan anggotanya, baik di atas panggung maupun di studio rekaman. Saat ini status mereka adalah vakum, dengan masing-masing anggota berkonsentrasi pada solo kariernya.

Personil Black Sabbath sekarang:
  • Tony Iommi - gitar, suling, keyboards (1968 - sekarang)
  • Ozzy Osbourne - vokal, harmonika (1968-1979, 1997 - sekarang)
  • Geezer Butler - bass (1968-1984, 1991-1994, 1997 - sekarang)
  • Bill Ward - drums (1968-1980, 1983, 1984, 1994, 1997-1998, 1999 - sekarang)
Selamat mendengar ya...

 

7.  JUDAS PRIEST
Judas Priest adalah salah satu kelompok musik heavy metal paling berpengaruh. Band ini didirikan pada 1969 di Birmingham, Inggris oleh K.K. Downing dan Ian Hill. Formasi klasik mereka termasuk vokalis Rob Halford, gitaris K.K. Downing dan Glenn Tipton, dan bassist Ian Hill.

Personil Judas Priest sekarang:
  • Rob Halford - vocals, 1973-1992, 2003-sekarang
  • K.K. Downing - guitar, 1970-sekarang
  • Glenn Tipton - guitar, 1974-sekarang
  • Ian Hill - bass guitar, 1970-sekarang
  • Scott Travis - drums, 1989-sekarang
Selamat mendengarkan :


 8. MOTOR HEAD

Motorhead adalah kelompok musik heavy metal yang didirikan pada 1975 di London, Britania Raya oleh pemain bas Lemmy Kilmister. Mereka telah meraih kesuksesan dan mempengaruhi banyak kelompok musik lainnya. Mereka juga dianggap sebagai salah satu band dalam New Wave of British Heavy Metal et Thrash Metal.

Personil Motorhead sekarang:

  • Lemmy Kilmister - vokal, bas (1975-sekarang)
  • Phil Campbell - gitar (1984-sekarang)
  • Mikkey Dee - drums (1992-sekarang)
Selamat menikmati lagunya:


 9. MANOWAR

Manowar adalah salah satu band yang mengusung genre "heavy metal, symphonic metal, power metal dan speed metal" asal Auburn, New York Amerika Serikat yang terbentuk sejak tahun 1980.

Orang mengenal band "Manowar" ini karena lirik lagu yang mereka bawakan lebih ditekankan pada warna musik heavy metal, fantasi plus topik tentang mitologi yang dibalut dengan sound yang keras dan boombastis, terkadang juga musik mereka dibarengi dengan epik metal dari segi crushing gitar serta paduan suara seperti layaknya sebuah orkestra.

Terbentuknya band Manowar ini dimulai ketika "Joey DeMaio ( bassist )" bertemu gitaris "Ross Bos" saat bekerja sebagai teknisi bass dan fireworks manajer "Black Sabbath di tur Heaven and Hell", dan selepasnya dari tur tersebut kedua teman ini memutuskan untuk membentuk sebuah band yang sekarang dikenal dengan nama "Manowar".


Band ini telah menjual lebih dari 9 juta copy diseluruh dunia, mereka sangat terkenal di negara asalnya Amerika, tapi meskipun demikian mereka masih mempunyai kultus yang kuat bahkan sangat populer di scene metal di beberapa negara seperti Eropa, Jepang, Australia dan Amerika Selatan. Mereka juga punya penggemar fanatik dengan berbagai sebutan seperti "Brothers Of Metal, Metal Warriors, Manowwarriors maupun Immortals" dan secara kolektif semua fansnya terkenal dengan sebutan "Army of Immortals". 

Personil Manowar sekarang:
  • Joey De Maio ( Bass, guitar, keyboard, classical guitar )
  • Eric Adams ( Lead vocal, guitar )
  • Donie Hamzik ( Drums, percussion )
  • Karl Logan ( guitar, keyboard, classical guitar )
 Selamat menikmati:

10. DEATH


Death adalah band death metal Amerika yang paling berpengaruh, didirikan oleh vokalis sekaligus gitaris Chuck Schuldiner. Pada tahun 2001, band bubar karena kematian Schuldiner.

Mereka di akui sebagai salah satu grup paling berpengaruh di genre death metal. Debut album band "Scream Bloody Gore" dianggap sebagai pola genre tersebut, dijelaskan oleh para kritikus sebagai "Dokumen prototype pertama death metal". Hanya Schuldiner salah satu orang yang pertama tersisa di band dari awal hingga akhir. Para penulis biografi musik telah menganugerahi Schuldiner sebagai "bapak death metal".

Mulanya bernama Mantas, band ini didirikan di Orlando. Formasi pertama adalah Schuldiner, Kam Lee (Barney Lee), dan Rick Rozz (Frederick DeLillo). Mereka merekam demo Death by Metal. Pada 1984, Schuldiner membubarkan Mantas dan mendirikan Death dengan anggota tetap Rick Rozz dan Kam Lee. Demo berikutnya diluncurkan, berjudul Reign of Terror.


Personil terakhir Death :

  • Chuck Schuldiner - Lead Vokal, Lead and Ritem Gitar, Penulis lirik (1983-1999)
  • Shannon Hamm - Guitars (1996-1999)
  • Scott Clendenin - Bass (1996-1999)
  • Richard Christy - Drums (1996-1999)
Silahkan dinikmati lagunya:


Itulah band metal dunia yang sangat banyak memberi inspirasi band-band sekarang. Semoga juga bisa memberi inspirasi kalian untuk berkarya.

No comments:

Post a Comment