Friday 27 March 2015

Arti Logo Grup Band Dunia



Ketika memulai membentuk sebuah grup band pastinya tidak akan lepas dari ide pembuatan sebuah logo. Karena bisa dikatakan sebuah logo merupakan identitas sebuah band. Terkadang dengan sebuah logo, seseorang sudah bisa menebak genre dari grup band tersebut.


Berikut beberapa arti logo dari band-band dunia:

1.    The Rolling Stones.  ( Dirancang oleh John Pasche, 1971 )
Logo ini pada awalnya dirancang untuk Rolling Stones sebagai record label pada tahun 1971 dan pertama kali digunakan pada album yg berjudul "Sticky Fingers". Mick Jagger memintanya untuk menggambar simbol dari dewa hindu Dewi Kali. Namun karena pembayaran dicicil maka bagian sketsa yang digambar oleh Pasche adalah bagian bibir (terinspirasi oleh bibir dower mick jagger) .Logo ini memiliki makna campuran antara semangat muda, nafsu, kesegaran dan provokasi anti kemapanan dan perang.


2.    AC/DC. ( Dirancang oleh Gerard Huerta, 1976 )
Logo ini diambil dari desain tulisan dan pahatan pada alkitab kuno.


3.    Sex Pistols ( Dirancang oleh Jamie Reid, 1977)
Teknik kolase digunakan dalam pembuatan logo band ini. Reid membawa nafas udara segar untuk pembuatan logo musik rock 70 an dan 80an. Ini merupakan inovasi baru dalam perkembangan desain masa itu.


4.    Bjork. ( Dirancang oleh Paul Putih, 1993)
Logo ini hanya digunakan selama tiga album pertama dari artis dan kemudian turun ketika penyanyi mulai bekerja dengan desainer lain.
Logo ini sangat berpengaruh dalam gaya tulisan futuristik techno dan elektronik genre musik selama 90-an. Out logo ini dirancang hanya menampilkan huruf "B".
5.    Queen  ( Dirancang oleh Freddy Mercury 1970 )
Mungkin yang paling baik adalah logo Queen dengan 4 Zodiak personilnya
apa saja itu ?
Kita lihat John Deacon 19 Agustus 1951 singa dengan logo leonya menghadap kedepan yang mengapit huruf Q, lalu Brian May 19 Juli 1947 kepiting dengan logo Cancernya diatas Huruf Q Freddy Mercury 5 September 1946 dua bidadari dengan logo Virgonya di bawah huruf Q dan terakhir Roger Taylor 26 Juli 1949 singa dengan logo leonya menghadap ke kepiting yang mengapit huruf Q.


6.    Ramones  ( Dirancang oleh Arturo Vega 1977 )
Amerika banget, mengambil logo asli amerika yang di desain oleh William Barton dan Charles Thomson tahun 1782 dan di retauch/ di slengein lagi oleh Arturo Vega tahun 1977. Dengan mengambil nama-nama personil melingkari logo tersebut, moto asli logo amerika adalah E Pluribus Unum di diganti dengan Look Out Below, artinya awas di bawah, maksudnya, liat nih pentungan yg gue bawa.


7.    Avenged Sevenfold
Logo band yang dikenal sebagai "Deathbat". Ini pada awalnya dirancang oleh seorang teman seni SMA Avenged Sevenfold, Mikha Montague, seperti yang terlihat pada DVD pertama. The Deathbat telah muncul di semua album band, banyak yang dilakukan oleh Cameron Rackam, teman dekat dari band. The Deathbat telah berkembang dari hanya menjadi tengkorak dengan sayap kelelawar, untuk kadang-kadang muncul sebagai "ukuran orang" kerangka penuh dengan sayap kelelawar, seperti dapat dilihat pada cover album City of Evil dan Nightmare dan pada single "Dear God" dan "Scream". Pada Sounding the Seventh Trumpet, ada gambar dua orang (di mana tampaknya Kain dan Habel), seorang malaikat lain seperti manusia dan Deathbat semi-opak di bawahnya, beberapa Deathbat muncul di bagian belakang sampul album juga. Para Deathbat juga muncul di sampul sejumlah single seperti "Bat Country", "Warmness on the Soul" dan "Critical Acclaim".


Itulah arti dan maksud dari logo beberapa band dunia, semoga dapat memberi inspirasi buat kalian yang mau membuat logo untuk band kalian. Meskipun terkadang seseorang asal-asalan membuat logo, tapi yang pasti tersimpan makna buat para personil band tersebut.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Avenged_Sevenfold
http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000011203173/wow-agan-anak-band--12-arti-logo-grup-band-dunia

2 comments:

  1. Bjork e lali nggak dikek i gambar, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. anu,kui wingi golek gmbr e gx nemu co..wkwkwkwkwkw

      Delete