Monday 2 March 2015

Tips Membuat Lirik Lagu

Namanya juga alunan musik, apapun genre/alirannya pasti kurang mantab kalau tidak di ikuti dengan lirik lagu yang indah dan pas di hati pendengarnya. Bagi sebagian orang mungkin lirik yang indah itu tidak penting, asalkan seirama dengan alunan nada musik.
Tapi bagi pendengar yang sangat kritis dan sangat menyukai sebuah bait kata yang di rangkai indah dan pas di hati itu "sangat penting". Karena lirik merupakan cara berkomunikasi/menyampaikan emosi melalui sebuah lagu.



Dalam sebuah buku “Secrets of Songwriting”, Profesor Gary Ewer menulis:
A good lyric is usually one that says what it needs to in the most succinct way.
The importance of a weighty lyrics, though, depends on the purpose of the song. There are individuals and groups that produce songs with deep, insightful lyrics that can profoundly impress an audience. There are other composers writing songs where the main purpose is to get the listener dancing, and the lyric is about as deep as a mud puddle.
Developed properly, a good lyric will pull the listener along and keep them listening. A lyric that feels emotionally disorganized will simply sound “whiny” and “complainy”.
The best response will be if listeners find themselves saying, “Hey, I’ve been there!”
Artinya :
Lirik yang bagus umumnya adalah lirik yang mengatakan apa yang perlu dikatakan dengan cara yang paling ringkas.
Namun, pentingnya sebuah lirik yang berbobot bergantung kepada tujuan lagunya. Ada individu dan grup yang menghasilkan lagu-lagu dengan lirik yang bermakna dalam yang bisa memukau pendengarnya. Ada juga penulis lagu lain yang punya tujuan utama membuat pendengarnya berdansa, dan liriknya bermakna sangat dangkal, sedangkal genangan air.
Lirik yang dikembangkan dengan sempurna akan menarik pendengar dan membuat mereka terus mendengar. Lirik yang terasa berantakan secara emosional akan terdengar seperti “merengek” atau “mengeluh”.
Respon yang terbaik adalah saat pendengar berkata, “Hei, aku pernah berada disana!”

Berikut beberapa cara yang perlu diperhatikan sebelum membuat sebuah lirik lagu :

1. Menentukan Tema Lagu 

 Langkah awal yang sangat penting dalam membuat sebuah lirik adalah menentukan tema. Konsep yang matang dan tepat akan membuat sebuah lagu menjadi lebih hidup dan sangat menyentuh.

2. Membuat Kerangka Lagu

Tujuan membuat kerangka cerita dalam sebuah lagu adalah agar lagu tidak membosankan ketika didengarkan. Karena dengan kerangka cerita yang bagus, maka kata-kata lagu tidak terlalu meluas. Sehingga lagu akan memiliki sebuah karakter yang kuat.

3. Membuat Judul yang Indah

Dalam sebuah lagu, judul merupakan sebuah identitas yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah lagu. Apabila anda mampu membuat judul yang sangat khas maka pendengar akan sangat penasaran dengan lagu yang kita buat.

4. Menulis Lirik

Setelah kita menentukan tema, membuat kerangka cerita dan membuat judul maka kita akan membuat lirik. Disini akan terlihat seberapa jauh kreativitas anda dalam menciptakan susunan kata-kata yang indah dalam sebuah lagu. Jadi sebelum membuat lirik alangkah baiknya anda mempelajari dan mencari ide terlebih dahulu. Karena dengan adanya banyak ide, anda akan mudah menetukan kata-kata yang tepat dalam sebuah lirik. Dalam membuat lirik usahakan membuat lirik yang visul. Lirik visual maksutnya adalah lirik yang membuat pendengar merasa mengalami atau berada dalam situasi tersebut.

Setelah membuat lirik yang susah dan proses yang panjang, kita akan tau seberapa kualitas lirik yang telah dibuat. Mungkin kita sudah merasa sempurna dalam membuat lirik, tapi belum tentu pas di hati pendengar yang lain.

Mari kita lihat ciri-ciri lirik lagu yang bagus berikut :

1. Mampu menyampaikan makna dengan ringkas

Dalam membuat sebuah lagu tentu tujuan kita adalah menyampaikan perasaan/emosi kita pada orang lain. Maka dari itu pemilihan kata-kata yang tepat dan ringkas menjadi penentu seberapa tepat kita menyampaikan makna dari lagu kepada pendengar.

2. Mampu membuat pendengar untuk terus mendengarkan

Di sini bisa dikatakan lagu mampu membuat pendengar "ketagihan". Dengan memilih kata-kata yang bagus dalam sebuah lirik, maka pendengar tidak akan pernah merasa jenuh mendengarkan lagu kita.

3. Tersusun secara rapi

Lagu yang bagus pasti ceritanya tidak berantakan, bisa di katakan dalam membuat kata-kata itu saling berhubungan antara bait satu dengan bait selanjutnya. Jadi ketika pendengar mendengarkan lagu tersebut, pendengar akan merasa terbawa dan hanyut mengikuti alur lagu. Untuk membuat lirik yang tersusun rapi kita cukup menilai dengan logika. Karena dengan logika kita bisa menilai apakah kata per kata dan bait per bait sudah saling berhubungan.

4. Bisa membuat pendengar mengucapkan " Ini Baru Lagu Keren"

Tujuan utama membuat lagu pada dasarnya agar pendengar merasa nyaman dengan lagu tersebut. Meskipun kita susah payah membuat lirik, tapi kalau belum mampu membuat pendengar merasa pas di hati, belum bisa menjamin kalau lagu akan meledak dan banyak peminatnya. Tapi kalau sebuah lagu mampu membuat pendengar nyaman dan cocok dengannya bisa dikatakan lagu tersebut sangat menarik.


No comments:

Post a Comment