Monday 30 March 2015

Gugun Blues Shelter


Kali ini saya akan membahas sedikit tentang band ber-genre blues yang bernama Gugun Blues Shelter. Di tengah-tengah lahirnya musik yang semakin tidak berkualitas saat ini, ternyata ada band yang mampu mengharumkan nama bangsa ke manca negara. Meskipun bisa dibilang band ini tidak terlalu banyak "bicara", tapi nyatanya prestasinya luar biasa.
Band yang terbentuk pada tahun 2004 di Jakarta dengan nama awal The Blues Bug terdiri dari tiga personil, yaitu Gugun (gitar), Jono (bass), Bowie (drum).

Pada akhir 2004, mereka merilis album independen pertama mereka, Get the Bug. Musisi yang tampil di dalam album ini antara lain Gugun, Jono, dan Iskandar.

Di awal 2007, mereka merilis album kedua, Turn It On, oleh Sinjitos Records. Majalah Rolling Stones menobatkan album kedua band beraliran blues ini sebagai salah satu Album Indonesia Terbaik. Turn It On juga dinobatkan sebagai Album of the Year versi MTV Trax Magazine. Tidak hanya sampai di situ, pada tahun yang sama Gugun sang gitaris juga dinobatkan sebagai pemaik gitar blues terbaik se-Asia Tenggara versi MTV Trax Magazine.

Pada tahun 2010, mereka secara independen merilis album dengan nama mereka sendiri "Gugun Blues Shelter" sebagai pengganti terhadap album Set My Soul on Fire mereka yang batal rilis menyusul konflik dengan label mereka. Di album ketiga ini lagu “When I See You Again” dinobatkan sebagai lagu blues terfavorit the Indonesia Edge Music Awards. Keberhasilan Gugun Blues Shelter terus berlanjut pada tahun 2011 ketika mereka sukses bekerja sama dengan label musik asal Amerika, Grooveyards Records. Dalam naungan label rekaman tersebut beberapa lagu mereka dari ketiga album yang telah dihasilkan masuk ke dalam album blues kompilasi, “Far East Blues Experience” .

Kehadiran band bernafaskan blues ini tidak hanya menyita perhatian dunia musik Indonesia. Pasalnya Gugun Blues Shelter juga memiliki banyak penggemar di Eropa khususnya Inggris. Nama band Gugun Blues Shelter tercatat pernah beberapa kali tampil dalam panggung blues di Inggris. Bahkan band ini pernah melakukan touring ke beberapa kota di sana.

Gugun Blues Shelter juga pernah ikut tampil dalam perayaan ulang tahun Hard Rock ke-40, Hard Rock Calling 2011. Dalam event yang diselenggarakan selama beberapa hari di Hyde Park, London, Inggris tersebut Gugun Blues Shelter tampil berbagi panggung dengan musisi kelas dunia seperti Rod Stewart, Bon Jovi, dan The Killers. (wow keren ya)..

Ini penampilannya silahkan dinikmati



Selain meramaikan panggung blues Inggris, Gugun Blues Shelter juga pernah tampil beberapa kali di Malaysia dan juga event Singapore Art Festival yang sekelas dengan Java Jazz Festival di Indonesia. Pavilion Indonesia di Shanghai World Expo 2010 juga pernah diramaikan oleh band ini. Tentunya di Indonesia sendiri nama Gugun Blues Shelter sudah malang melintang dalam meramaikan panggung musik. Tidak hanya tampil dalam panggung bertemakan blues seperti Jakarta International Blues Festival, band ini juga seringkali mengisi acara sekelas Java Rockin’ Land dan Java Jazz Festival.

Prestasi yang membanggakan pastinya dengan karya-karya-nya bisa membawa nama Indonesia ke kancah internasional. Mari kita dukung karya anak bangsa dan mari kita menciptakan karya positif..

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gugun_Blues_Shelter

No comments:

Post a Comment