Thursday 26 March 2015

Membuka Kursus Musik


Untuk memulai sebuah usaha pastinya kita akan berfikir kearah modal. Sebenarnya untuk memulai usaha tidak harus dengan modal besar dan fasilitas yang memadai, cukup dengan kemampuan dan kreatifitas pun kita bisa memulai usaha.


Salah satu usaha yang bisa dijalankan dengan modal yang pas-pasan yaitu membuka kursus musik. Bagi seseorang yang mempunyai kemampuan vokal maupun instrumen alat musik, mungkin usaha ini bisa dibilang sangat terjangkau. Karena usaha ini bisa dilakukan di rumah sendiri atau bahkan juga bisa dilakukan secara privat di rumah orang yang akan belajar dengan menyediakan satu atau dua alat musik. Meskipun terlihat mudah, tapi anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum memulai membuka usaha kursus musik.

Berikut beberapa tips yang perlu anda lakukan sebelum membuka kursus musik :

1.      Menentukan sasaran kursus
Sebelum anda membuka kursus musik, terlebih dahulu harus menentukan siapa sasaran yang akan anda bidik, apakah anak-anak, remaja atau umum. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap cara mempromosikan usaha dan cara penyampaian terhadap murid.

2.   Menyiapkan tempat untuk area belajar
Tempat yang bersih dan indah akan berpengaruh terhadap kenyamanan belajar murid anda. Untuk awal usaha anda bisa menggunakan rumah anda sendiri dengan mendesain rumah sedemikian rupa. Bagi anda yang memiliki cukup modal bisa menyewa tempat yang strategis agar mudah dijangkau.

3.      Membuat program pelatihan
Anda harus membuat program pelatihan yang terperinci, misalkan jenis pelatihan, level kemampuan bahkan anda bisa membuat metode pelatihan yang anda tawarkan. Semakin banyak program yang ditawarkan pastinya peminatnya juga semakin banyak kan.

4.     Menjadikan teman sebagai relasi
Untuk membuat program pelatihan yang bervariasi pastinya anda tidak bisa berjalan sendiri. Anda bisa mengajak teman yang juga mahir dalam musik untuk menjadi pengajar di tempat anda. Dengan sistem komisi pastinya akan lebih meringankan anda dan juga sangat membantu buat teman anda.

5.     Memanfaatkan keluarga sebagai staf
Jika belum memiliki modal besar untuk merekrut karyawan di tempat anda, maka bisa memanfaatkan keluarga sebagai staf. Anda pastinya butuh seseorang sebagai administrasi dalam mengatur keuangan, pendaftaran, promosi dll.

6.     Membuat Iklan
Nah setelah semua telah siap, anda harus membuat iklan atau mempromosikan tempat kursus anda. Anda bisa membuat papan nama di dekat rumah anda, membuat brosur, dan mengiklankan dari mulut ke mulut, selain itu anda juga bisa membuat iklan di media sosial yang saat ini sudah sangat luas jangkauannya.


Setelah memikirkan cara memulai membuka kursus, anda pasti bertanya-tanya “berapa modal yang harus saya siapkan?”
Nah modal yang di siapkan itu tergantung dari berapa besar skala kursus yang akan anda buka. Pastinya butuh uang ratusan juta untuk membuka kursus dengan skala besar, lalu bagaimana jika anda belum memiliki modal? Jika anda belum memiliki modal yang besar, anda bisa membuka kursus privat. Kursus privat pasti jauh lebih terjangkau, karena tidak membutuhkan banyak instrumen dan tidak membutuhkan tempat khusus untuk area belajar.


1 comment:

  1. Salam kepada semua orang, Allah pasti akan menjawab semua pemberi pinjaman palsu ini yang mencuri uang kita dengan menyamarkan uang pinjaman kepada kita, mereka datang dengan segala bentuk ucapan manis seperti memberi pinjaman dengan tingkat bunga rendah 2%, semuanya scam kecuali Ibu yang baik. Rossa Stanley perusahannya adalah satu-satunya pemberi pinjaman sejati dan sejati yang meminjamkan dengan tingkat bunga 2%, inilah ceritaku, nama saya annisa dari bali pemilik restoran, jangan tertipu atau takut pinjaman itu tidak bisa didapat dari internet, itu mungkin dan saya adalah penerima pinjaman internet. Saya membaca beberapa komentar Anda tentang bagaimana Anda scammed, Ya mereka scammers, dan mereka juga pemberi pinjaman yang sebenarnya. Dan ibu rossa adalah salah satunya. Karena banyak kreditor scam saya awalnya skeptis, namun memutuskan untuk mencoba dan melihat kembali ibu Rossa menyetujui permintaan pinjaman saya dan saya telah mengkreditkan pinjaman saya dengan tepat Rp150.000.000,00 ke Rekening BCA saya, saya harus mengakui ketika mendapat uang, saya terkejut dan Masih kaget sampai tanggal, meski ada beberapa yang menolak karena tidak bisa memenuhi syarat pinjaman. Tapi saya dikabulkan karena keseriusan dan ketegaran saya, banyak yang akan menghubungi ibu rossa tanpa menjawab dan ketika pinjaman mereka dibatalkan, mereka akan memohon kepada ibu rossa tapi bagi saya saya serius dan memantau hal-hal dan sebelum saya mengetahuinya, saya mendapatkan pinjaman saya, dan ketika saya bertanya kepada ibu rossa bagaimana saya menunjukkan penghargaan untuk mengeluarkan saya dan keluarga saya dari kemiskinan dia meminta agar saya membagikan berita tersebut kepada semua orang di sekitar saya di Bali, dan hari ini saya memutuskan untuk menuliskannya di sini sehingga orang tidak akan jatuh pemberi pinjaman palsu yang menuntut biaya pendaftaran, tuntutan ibu hanya untuk keseriusan dan rasa hormat Anda dan pinjaman Anda akan ada di rekening bank Anda dan sekali lagi saya mengatakan bahwa ALLAH memberkati perusahaan pinjaman rossa stanley untuk hal ini baik untuk orang-orang di benua ASIA dan UNITED NATIONS (PBB) untuk mendukungnya, Anda bisa menghubungi pusat layanan pelanggan rossa stanley dengan menulis layanan pelanggan melalui surat Rossastanleyloancompany@gmail.com, jika Anda ragu dan perlu klarifikasi mengenai apapun atau isu merasa bebas untuk menulis saya annisaberkarya@gmail.com atau suami saya agungabdullahi@gmail.com Saya melakukan dengan sangat baik dalam bisnis restoran saya, dan membayar cicilan pinjaman saya pada saat jatuh tempo, ibu Rossa benar-benar Allah dikirim ke Dunia ini.

    ReplyDelete